Minggu, 13 Mei 2012

Pengertian & Jenis Layanan Email


pengertian emailSalah satu alat komunikasi saat ini untuk surat menyurat adalah Email. Dengan layanan email ini, urusan surat menyurat menjadi sangat mudah dan pengirimannya juga hitungan detik sampai ke alamat email yang dikirim.Permasalahnya, apa semua orang sudah mengerti apa ini email atau apa saja jenis layanannya?

Email atau disebut elektronik mail, atau surat elektronis adalah surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer) dan dikirimkan melalui jaringan komputer. Internet sebagai jaringan yang menghubungkan berbagai jarngan komputer di dunia memungkinkan penyampaian surat elektrinis dengan cepat, Surat elektrinis ini bisa sampai ke tujuan hanya dalam waktu beberapa detk, meskipun jarak antara pengirim dan penerima berjauhan; terpisah beribu-ribu kilometer.
Pengiriman e-mail biasa dilakukan dengna menggunakan protokol SMTP yang kepanjangan dari Simple Mail Transfer Protocol. Dalam hal ini, mail server atau server yang menagani email segera menghubungi tujuan dan kemudian mengirimkan surat.
Setiap pengirim atau penerima e-mail memiliki alamat emaol. Contoh alamat email adalah namamu@gmail.com. Untuk kata namamu itu unik alias tidak ada yang menyamakannya dengan pemakai lainnya asal dalam domain (gmail) yang sama.
Menurut layanan yang diberikan email dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu POP mail, email berbasis web (webmail atau web based e-mail) dan email forwarding.
POP mail (Post Office Protocol) adalah e-mail yang diambil dari penyedia internet (ISP_. Em-mail ini dapat diambil dari ISP dan kemudian ditempatkan pada komputer klien. Dengan demikian, e-mail dapat diaca tanpa harus terhubung ke internet. Namun, hal ini juga sekaligus menjadikan kelemahan jenis e-mail ini karena e-mail yang sudah diambil tidak bisa dibaca dari tempat lain. Untuk mengambil e-mail diperlukan program e-mail client, sepeti microshoft Outlook atau mozilla thunderbird.
Webmail adalah layanan e-mail yang ditujukan secara khusus untuk diakses melalui browser. Dengan kata lain, pemakai e-mail bisa mengakses e-mail tnapa perlu menggunakan program-program e-mail client. Layanan seperti ini dipelopori oleh Hotmail. Saat ini selain Hotmail, terdapat banyak penyedia layanan Webmail. Contohnya antara lain adalah Yahoo! Mail (mail.yahoo.com), Gmail (gmail.google.com), Lycos Mail (,ail.lycos.com) dan web mail Plasa.com (login.plasa.com). Keuntungan Webmail adalah pemakai dapat mengirim dan menerima e-mail dari mana saja dengan cukup menggunakan browser.
Email forwarding adalah fasilitas yang memungkinkan pengalihan suatu e-mail ke alamat e-mail lainnya. Dengan kala talin, mail server yang melayani e-mail forwarding hanya bertindak sebagai perantara. Cara seperti ini memberikan keuntungan bagi pemakai bahwa alamat e-mail yang sebenarnya tidak terlihat oleh orang lain. Namun, kelemahan e-mail ini adalah akan diterima sedikit lama karena melewati tahapan pengalihan e-mail. Perusahaan web host sering menggunakan pendekatan seperti ini terhadap kliennya.

0 komentar

Poskan Komentar