Minggu, 13 Mei 2012

Mengenal Mac OS Lion


mac OS Lion
Desktop
Pada saat anda login ke Mac Anda, Anda akan dihadapkan dengan desktop jika Anda belum mensetting password pada Mac Anda.
Secara garis besar, desktop Mac OS X Lion terdiri dari dok sebelah bawah laya, menu bar disebelah atas layar  dan berbagai hal yang ada di antaranya adalah sahabat Anda mulai dari hari pertama Anda memilih menggunakan Mac.
Dock dan menu baru adalah dua elemen antarmuka yang akan selalu terlihat oleh Anda kapanpun ANda menggunakan Mac (kecuali untuk aplikasi game dan aplikasi full screen).
Menu Bar
Menu bar terletak membentang dari sudut kiri ke kanan atas layar Mac OS X Lion. Selai logo Apple di sudut kiri, tombol-tombol di menu bar akan berubah sesuai dengan aplikasi memiliki tombol-tombolnya sendiri. Walaupun demikian, seluruh aplikasi yang berjalan di Mac OS X Lion memiliki antarmuka dan lokasi menu bar yang konsisten.
Walaupun menu yang ditampilkan oleh setiap aplikasi berbeda, tombol menu semua aplikasi di Mac OS X Lion dimulai dari menu nama aplikasi dan diakhiri dengan menu Help.
Dock
Sudah menjadi ciri khas sebuah Mac, Dock adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Desktop Mac OS X Lion. Secara default, Dock akan berbeda di bagian tengah bawah Desktop Anda.
Banyak pengguna yang baru mengenal Mac berfikir bahwa seluruh aplikasi yang berada di Mac dapat terlihat aikonnya di Dock. Hal ini tidak benar, karena Dock hanyalah berperan sebagai shortcut dan indikator aktifitas aplikasi.
Stacks
Apple menyebut Stacks sebagai solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah “kekusutan” yang biasanya melanda Desktop seseorang pengguna Mac. Secara signkat, Stacks adalah antarmuka di Mac OS Lion untuk memperlihatkan isi sebuah folder yang disimpan di Dock.
untuk membantu perkenalan dengan Stacks, Mac OS Lion secara defaults menyimpan tiga buah folder di Dock yaitu folder Applications, Documents, dan Downloads. Tergantung dari jumlah file di dalam folder, Stacks akan menampilkan isi folder dalam tampilan kipas, kotak atau daftar.
Finder
Seperti namanya, finder adalha nama aplikasi yang Anda gunakan untuk menemuka dan mengorganisir file di Mac OS Lion.

0 komentar

Posting Komentar